diupload oleh 2012adm1n pada 2012-12-11 08:11:18
Kerjasama Universitas Haluoleo (Unhalu) dengan berbagai universitas di dunia, memberi banyak manfaat positif pada mahasiswa, dosen, maupun citra institusi. Tidak mengherankan lagi, saat ini banyak alumni Unhalu yang melanjutkan studi ke berbagai universitas mitra di luar negeri untuk kualifikasi S2 maupun S3.

"Belum lama ini, kita mendapat tawaran beasiswa S2 dari Larocelle Univercity. Itu diperoleh setelah kunjungan Pak Rektor H. Usman Rianse ke universitas tersebut. Spesifikasi jurusan adalah teknik kemuseuman dalam jangka waktu satu tahun. Ini semua dalam rangka menjalin hubungan Internasional," kata Pembantu Rektor Unhalu Bidang Hubungan Internasional, Dr. Yulius B. Pasolon, M.Sc., saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (5/12).

Dikatakan, kerjasama ini lebih diutamakan yang berkaitan dengan kajian lingkungan dan masalah kemanusiaan. Uniknya, pemberi beasiswa (sponsor) meminta agar penerima beasiswa tersebut berasal dari suku Bajo. Alasannya, dengan beasiswa itu diharapkan muncul generasi baru dari kalangan mereka yang berpendidikan tinggi.

"Ini juga sebagai wujud perhatian Rektor Unhalu untuk mengangkat ketertinggalan dari yang selama ini dikategorikan tertinggal. Tahap awal satu orang diminta dengan biaya sepenuhnya ditanggung sponsor. Hanya syaratnya, harus bisa berbahasa Prancis," ujarnya.

Sebagai bentuk persiapan, tambahnya, mulai pekan ini diadakan kursus bahasa Prancis secara intensif. Tenaga pengajarnya, datang langsung dari Prancis sebanyak dua orang secara bergantian. Kursus itu akan terus berlangsung selama satu tahun. Setiap tiga bulan sekali akan diadakan tes pada peserta untuk mendapatkan nilai tes sebagaimana persyarat atau memenuhi standar kelayakan.

"Itu beberapa langkah yang coba kita upayakan, supaya kesempatan ini tidak hilang percuma. Jika tidak ada yang memenuhi, kemungkinan besar beasiswa tersebut akan diberikan pada mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) yang juga sudah menjalin kerjasama. Namun kita berharap dan berupaya ada mahasiswa yang mengisi kuota itu," katanya.

Sebagai informasi tambahan, saat ini sudah ada alumni Unhalu, tepatnya dari fakultas perikanan yang sedang menjalani studi di Prancis. Ia juga akan berada di sana selama satu tahun.

KendariNews.Com

Informasi lain:

 
Copyright © 2012 Unit Teknologi Informasi FMIPA
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231